Ciri Kucing Hamil dan Cara Menanganinya

Bagi kita sebagai pecinta hewan peliharaan yang super manja yaitu kucing, pastinya bahagia banget pas tau kalo kucing kesayangan positive hamil. It means kita bakal mempunyai baby kitten as a new family. Tapi bagi sebagian newbie pemelihara kucing pasti penasaran “apa sih ciri kucing hamil?” “berapa lama sih kucing hamil?” “gimana cara nanganinnya dan apa aja pantangannya?”.

Kucing Hamil
Ilustrasi – Istana Kucing

Okay, melalui artikel ini mimin coba untuk membagi pengalaman based on pengamatan mimin terhadap tingkah laku keseharian semua kucing di Istana Kucing. Langsung dimulai aja yah.

Apa Sih Ciri Kucing Hamil?

Setelah kucing betina melalui masa birahinya (baca juga artikelnya di sini). Selama seminggu nafsu makan sikucing akan turun. Bagi beberapa kucing selain tidak nafsu makan, mereka pun ngalamin mual mual dan ada juga yang sampe muntah-muntah. Pada ciri ini hampir sama persis kan kayak perempuan yang sedang hamil muda.

Berapa Lama Sih Kucing Hamil?

Pada kucing, mereka ngejalanin masa kehamilan sekitar 50-70 hari.  Minggu pertama – minggu kedua keliatan dari nafsu makan yang menurun drastis. Kucing akan sering terlihat bermalas-malasan. Minggu ketiga – minggu keempat biasanya ada kerontokan bulu di daerah pangkal ekor, perut dan ketek. Kucing juga punya ketek loh, tapi bulu keteknya jangan dicukur ama dipakein deodorant yah! Minggu kelima – keenam warna puting susu menjadi pink dan ukuran puting membesar (alami tanpa alat pembesar). Dan pada pertengahan minggu nafsu makan bertambah. Kucing kembali lahap dan kerjaannya makan tidur doang. Pada minggu terakhir kucing akan sering terlihat gelisah mencari tempat yang bisa dijadikan tempat persembunyian. Seperti : kolong tempat tidur, kolong tumpukan barang di gudang, lemari dan semua tempat yang ada ruang kecilnya dan gelap.

Kalo udah nyampe di tahap ini berdasarkan ciri-ciri yang ditunjukan pada minggu-minggu terakhir, uncle ama aunty silahkan siapin kardus atau tempat tidur kucing untuk si kucing melakukan proses melahirkan.

Apa sih Pantangannya?

Pantangannya adalah jangan mandiin kucing kamu seusai mereka birahi dan selama mereka hamil. Jangan digendong-gendong apalagi sampai sering menekan perut bawah si kucing. Buat si kucing nyaman alias jangan sampai mereka stress. Stress biasanya karena ada hal baru seperti tempat baru, temen baru jantan maupun betina, orang baru dll.

Demikian artikel Ciri Kucing Hamil dan Cara Menanganinya kali ini, semoga pengalaman mimin berguna untuk uncle ama aunty semua. Jangan lupa like / share kalo suka, comment kalo punya pengalaman lain dan pertanyaan yah… Akhir kata, tarerengkyu… Salam meong untuk kucing di samping Anda.

Baca juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *